Pengertian DNS

Pengertian DNS, Cara Kerja Dan Struktur DNS

Domain Name System
Domain Name System

Internet menghubungkan milyaran pengguna yang dapat mengakses satu sama lain. Untuk mengakses pengguna lain kita menggunakan IP Address sebagai pengenalnya. Setiap komputer memiliki IP Address yang unik, jadi setiap komputer dalam 1 jaringan memiliki IP Address yang berbeda-beda. Nah di internet sendiri, untuk mengakses sebuah halaman website sejatinya kita akses adalah IP Address tujuan. Akan tetapi  jika harus mengetikan IP Address tujuan akan terasa sangat rumit, sehingga munculah teknologi DNS.

Pengertian DNS (Domain Name System)

DNS adalah singkatan dari Domain Name System adalah sebuah teknologi yang berfungsi menerjemahkan IP Address menjadi nama host seperti (tutorialkomputerlengkap.com). DNS mengubah IP Address ke dalam sebuah alamat yang lebih mudah diingat, sehingga memudahkan pengguna untuk mengakses alamat tersebut.

Cara Kerja DNS
Cara Kerja DNS

Cara Kerja DNS

Seperti yang dijelaskan diatas untuk dapat mengakses komputer lain kita memerlukan IP Address untuk memanggilnya, nah karena untuk mengingat IP Address itu sangat sulit maka digunakanlah DNS. DNS menerjemahkan IP Address yang kita ketik ataupun sebaliknya, dalam dns ada istilah Forward dan Reserve. Proses penerjemahan IP Addres ke DNS adalah sebagai berikut
  1. Pertama user mengetikan nama domain yang akan diakses
  2. Kemudian komputer user mengirim data server jaringan
  3. Server jaringan mencari nama domain yang diketikan apabila ada dalam cache-nya, maka komputer server akan memberikan hasil dari pencarian tersebut.
  4. Jika tidak ada server jaringan akan mengirim ke server diatasnya sampai mencapai root server.
  5. Jika nama domain ditemukan akan dikirimkan kembali sampai ke user melalui server-server dibawahnya.


Struktur DNS
Struktur DNS

Struktur DNS

DNS memiliki struktur ataupun susunan, dalam struktur dns ada beberapa level domain

1. Root Domain

Root domain adalah domain utama dari internet, root domain diwakili dengan tanda titik (.)

2. Top Level Domain

Top level domain adalah nama domain tingkat teratas, seperti .com . edu .gov dan masih banyak lagi. Top level domain adalah domain yang dapat dipakai oleh pengguna internet seperti contohnya adalah tutorialkomputerlengkap.com ini merupakan top level domain.

3. Second Level Domain

Second level domain adalah turunan dari top level domain atau dapat disebut anak dari top level domain. Second level domain ada didalam Top Level Domain, contohnya seperti mail.google.com atau alamat situs yang masih menggunakan .blogspot.com

4. Third Level Domain

Third level domain adalah turunan dari second level domain.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »