Mendisable TCP/IP Properties

Mencegah Perubahan IP



Bagi mereka yang network administrator pemeliharaan dan pengecekan jaringan sangat penting dan perlu. koneksi putus atau jaringan tidak konek (RTO), IP Konflik, crimping kabel, straight, cross over, ping, sharing printer dan data, lancard, switch, hub, RJ45, Access Poin (AP) nama-nama yang tidak asing dan merupakan makanan sehari-hari bagi mereka.

Disini saya akan memberikan sedikit trik untuk menjaga atau meminimalis terjadinya IP Konflik, apalagi share internetnya yang dibatasi dengan IP (hanya ip tertentu saja yang dikasih akses untuk internet) seperti dikantorku. Bagi yang jaringannya menggunakan client-server atau domain, kita tinggal setting domainnya saja disetiap client, dan batasi hak aksesnya, bagi yang tidak menggunakan join domain, pasti akan sulit karena setiap client punya hak akses terhadap komputernya sendiri.
untuk itu kita bisa menggunakan cara lain agar IP konflik dapat teratasi dengan mudah.
caranya pun tidak terlalu sulit ketik gpedit.msc pada run dan akan muncul tampilan seperti ini

pada User Configuration pilih Administrative Template

pilih network

pilih network connection

dibagian kanan menu Network Connection ini akan tampak

pilih enable pada 2 menu ini

prohibit access to propertis of component of a LAN Connection
Enable Windows 2000 Network Connection Setting for Administrator

dengan cara klik dua kali menu tsb pilih enable trus apply
setelah itu tutup dan coba klik dua kali icon network dipojok bawah trus propertis pilih Internet Protocol(TCP/IP) tombol propertis untuk merubah IP akan disable atau tidak berfungsi



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »